Pengertian Standar
Standar adalah kesepakatan-kesepakatan yang telah didokumentasikan yang di dalamnya terdiri antara lain mengenai spesifikasi-spesifikasi teknis atau kriteria-kriteria yang akurat yang digunakan sebagai peraturan, petunjuk, atau definisi-definisi tertentu untuk menjamin suatu barang, produk, proses, atau jasa sesuai dengan yang telah dinyatakan. Salah satu contohnya adalah penetapan standar ukuran dan format kartu kredit, atau kartu-kartu pintar (smart) lainnya yang telah mengikuti standar internasional ISO dan dapat digunakan di berbagai mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di seluruh dunia, dan banyak contoh-contoh lainnya. Dengan demikian standar internasional telah membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah, serta lebih meningkatkan keandalan dan kegunaan barang dan jasa.
Pengertian ISO
Organisasi Standar Internasional (ISO) adalah suatu asosiasi global yang terdiri dari badan-badan standardisasi nasional yang beranggotakan tidak kurang dari 140 negara. ISO merupakan suatu organisasi di luar pemerintahan (Non-Government Organization/NGO) yang berdiri sejak tahun 1947. Misi dari ISO adalah untuk mendukung pengembangan standardisasi dan kegiatan-kegiatan terkait lainnya dengan harapan untuk membantu perdagangan internasional, dan juga untuk membantu pengembangan kerjasama secara global di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan kegiatan ekonomi. Kegiatan pokok ISO adalah menghasilkan kesepakatan-kesepakatan internasional yang kemudian dipublikasikan sebagai standar internasional.
Nama ISO
Banyak pihak melihat adanya suatu ketidakcocokan antara nama lengkap International Organization for Standardization dengan kependekannya ISO, dimana IOS dianggap lebih tepat. Anggapan itu benar bila penetapan nama didasarkan pada kependekannya. Yang sebenarnya, istilah ISO bukan merupakan kependekan, tapi merupakan nama dari organisasi internasional tersebut. ISOberasal dari Bahasa Latin (Greek) isos yang mempaunyai arti sama (equal). Awalan kata iso juga banyak dijumpai misalnya pada kata isometric, isomer, isonomy, dan sebagainya.
Dari kata sama (equal) menjadi standar inilah ISO dipilih sebagai nama organisasi yang mudah untuk dipahami. ISO sebagai nama organisasi juga dalam rangka menghindari penyingkatan kependekannya bila diterjemahkan ke dalam bahasa lain dari negara anggota, misalnya IOS dalam bahasa Inggris, atau OIN (Organisation Internationale de Normalisation) dalam bahasa Perancis, atau OSI (Organsiasi Standardisasi Internasional) dalam bahasa Indonesia. Dengan demikian apapun bahasa yang digunakan, organisasi ini namanya tetap ISO.
Kebutuhan Standar Internasional
Dengan adanya standar-standar yang belum diharmonisasikan terhadap teknologi yang sama dari beberapa negara atau wilayah yang berbeda, kiranya dapat berakibat timbulnya semacam technical barriers to trade (TBT) atau hambatan teknis perdagangan. Industri-industri pengekspor telah lama merasakan perlunya persetujuan terhadap standar dunia yang dapat membantu mengatasi hambatan-hambatan tersebut dalam proses perdagangan internasional. Dari timbulnya permasalahan inilah awalnya organisasi ISO didirikan.
Standardisasi internasional dibentuk untuk berbagai teknologi yang mencakup berbagai bidang, antara lain bidang informasi dan telekomunikasi, tekstil, pengemasan, distribusi barang, pembangkit energi dan pemanfaatannya, pembuatan kapal, perbankan dan jasa keuangan, dan masih banyak lagi. Hal ini akan terus berkembang untuk kepentingan berbagai sektor kegiatan industri pada masa-masa yang akan datang.
Perkembangan ini diperkirakan semakin pesat antara lain karena hal-hal sebagai berikut :
- Kemajuan dalam perdagangan bebas di seluruh dunia
- Penetrasi teknologi antar sektor
- Sistem komunikasi di seluruh dunia
- Standar global untuk pengembangan teknologi
- Pembangunan di negara-negara berkembang
Standardisasi industri adalah suatu kenyataan yang diperlukan di dalam suatu sektor industri tertentu bila mayoritas barang dan jasa yang dihasilkan harus memenuhi suatu standar yang telah dikenal. Standar seperti ini perlu disusun dari kesepakatan-kesepakatan melalui konsensus dari semua pihak yang berperan dalam sektor tersebut, terutama dari pihak produsen, konsumen, dan seringkali juga pihak pemerintah. Mereka menyepakati berbagai spesifikasi dan kriteria untuk diaplikasikan secara konsisten dalam memilih dan mengklasifikasikan barang, sarana produksi, dan persyaratan dari jasa yang ditawarkan.
Tujuan penyusunan standar adalah untuk memfasilitasi perdagangan, pertukaran, dan alih teknologi melalui :
- Peningkatan mutu dan kesesuaian produksi pada tingkat harga yang layak
- Peningkatan kesehatan, keamanan dan perlindungan lingkungan, dan pengurangan limbah
- Kesesuaian dan keandalan inter-operasi yang lebih baik dari berbagai komponen untuk menghasilkan barang maupun jasa yang lebih baik
- Penyederhanaan perancangan produk untuk peningkatan keandalan kegunaan barang dan jasa
- Peningkatan efisiensi distribusi produk dan kemudahan pemeliharaannya
Pengguna (konsumen) lebih percaya pada barang dan jasa yang telah mendapatkan jaminan sesuai dengan standar internasional. Jaminan terhadap kesesuaian tersebut dapat diperoleh baik dari pernyataan penghasil barang maupun melalui pemeriksaan oleh lembaga independen.
Jenis Standard ISO
ISO 9001:2015 (Quality Management System / QMS)
Adalah Sistem Manajemen untuk meningkatkan kualitas sebuah organisasi. ISO 9001-2015 adalah sebuah standar dalam keluarga ISO 9000 series yang dikeluarkan oleh INTERNATIONAL ORGANIZATION for STANDARDIZATION (ISO) yang dapat digunakan untuk tujuan penilaian kesesuaian terhadap sistem manajemen mutu. ISO 9001-2015 juga berfungsi sebagai dasar (minimum requirement) yang sangat penting bagi banyak standar lain pada sektor tertentu dan standard sistem manajemen yang digunakan secara luas seperti OHSAS 18001-2007 dan ISO 14001-2015.
ISO 14001-2015 (Environmental Management System / EMS)
Adalah standar sistem manajemen lingkungan yang sesuai untuk organisasi besar maupun kecil berdasarkan metodologi plan-do-cek-act. ISO 14001-2015 menyediakan kerangka kerja yang sistematis untuk mengintegrasikan praktik pengelolahan lingkungan dengan mendukung perlindungan lingkungan, mencegah polusi, meminimalkan limbah, dan mengurangi energi dan bahan konsumsi.
OHSAS 18001-2007 (Occupational Health dan Safety Management System / OHS)
Adalah standar sistem manajemen yang dirancang untuk memungkinkan organisasi untuk mengendalikan resiko dan meningkatkan kinerja dibidang keselamatan dan kesehatan kerja. OHSAS 18001-2007 menitikberatkan pada penekanan proaktif dan preventif pada faktor-faktor pengendalian resiko dengan mengindetifikasi dan menilai kemungkinan serta tingkat keparahan bahaya di tempat kerja.
Bagi anda yang membutuhkan Jasa Sertifikasi ISO Terpercaya, hubungi kami Alfar Media.
Alamat Kantor:
Jl. Sadar Raya No. 35, Ciganjur, Jagakarsa – Jakarta Selatan
Telp :
+62813-1113-9237 (mobile)
+62878-8379-5406 (mobile)
Whatsapp: +62813-1113-9237
Email :
info@alfarmedia.co.id
fara.kirana0910@gmail.com
Contact person :
Fara kirana & Muhammad Ali